Tantangan yang dihadapi bagi pelaku bisnis adalah bagaimana memanfaatkan dan merumuskan strategi segala kebutuhan media sosial dengan baik untuk membantu meningkatkan efektivitas pemasaran mereka. Untuk saat ini, metode pengukuran dari suatu social media yang akan digunakan oleh pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran tidak ada metodenya (Wicaksono, 2013). Pengukuran masih bersifat jangka pendek dan untuk mengubahnya menjadi jangka panjang tinggal menghitungnya dalam waktu periode tertentu. Sebagian masih meragukan kemampuan media sosial dalam menciptakan awareness, brand image atau membantu pertumbuhan penjualan. Pentingnya media sosial dalam proses branding dan marketing sebuah merek, menjadi alasan tumbuhnya perusahaan digital agency yang menawarkan layanan jasa social media marketing dan jasa social management.
Adanya pemanfaatan SMA (Social Media Analytic) ini maka banyak pula pengguna bisnis yang dapat menganalisis bisnis mereka untuk mendapatkan efektivitas pemasaran yang tinggi, sehingga daya saing pun semakin meningkat.
Maka dari itu diharapkan pelaku bisnis dapat membuat suatu strategi pemasaran yang baik dan tepat, dengan memanfaatkan hasil dari SMA tersebut untuk strategi pemasaran produk dan layanan kedepannya. Selain itu pula, diperlukan inovasi baru agar para followers dapat mempertahankan loyalitasnya terhadap produk dan layanan. Hal ini dapat dilakukan dengan menoptimalkan media sosial, diantaranya: ada dukungan manajemen, kualifikasi media, orientasi pengguna, sumber informasi, menggunakan jasa social media marketing dan aktivitas di media sosial yang harus rutin dilakukan oleh pelaku bisnis serta memperhatikan strategi-strategi dalam memposting informasi agar mendapatkan respon yang baik dari pengguna
Komentar
Posting Komentar