Chafey (2007) menyatakan e-marketing adalah proses untuk mencapai tujuan pemasaran melalui pengunaaan teknologi komunikasi elektronik. Mengacu pada pendapat Harijanto (2010), aplikasi e-marketing cocok digunakan pada perusahaan yang ingin memperluas pasarnya, karena dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak lagi konsumen. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.
Dengan menerapkan e-marketing maka akan memperluas penyebaran informasi mengenai jasa yang ditawarkan, kemudahan informasi, dan kemampuan menangkap pengalaman pelanggan. Selain itu, dengan e-marketing ini diharapkan akan menambah jangkauan/market size pada segmentasi yang sudah ada (Rudy, 2008).
Jadi dapat disimpulkan bahwa e-marketing adalah proses pemasaran secara online melalui teknologi elektronik dalam memasarkan dan mempromosikan produk dan jasa yang bertujuan untuk menjangkau pasar yang lebih luas serta mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
Schneider (2011) menyatakan bahwa banyak perusahaan menggunakan istilah marketing mix untuk mengambarkan kombinasi dari elemen-elemen yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan mereka dalam melakukan penjualan, promosi produk dan jasa mereka. Ketika perusahaan memutuskan elemen mana yang akan digunakan maka itulah yang disebut bagian dari strategi marketing. Strategi marketing suatu perusahaan adalah alat yang sangat penting apalagi dengan kehadiran web sehingga perusahaan dapat mengirimkan pesan nya kepada calon customer yang akan membeli. Marketing Mix dalam E-Marketing terdiri dari: promosi, harga, produk, proses, bukti fisik, orang, dan tempat.
Dalam Mohammed, Fisher, Jaworski dan Paddison (2003), seven stages of internet marketing adalah: (1) stage 1: framing the market opportunity, langkah pertama mencakup analisa peluang pasar dan menginisialisasi langkah awal dari konsep bisnis; (2) stage 2: formulating the marketing strategy, strategi e-marketing didasari oleh visi dan misi perusahaan, tujuan strategis perusahaan dan strategi pemasaran dari perusahaan yang mencakup segmentation, targeting dan positioning; (3) stage 3: designing the customer experience, perusahaan harus mengerti tipe dari pengalaman konsumen yang perlu disesuaikan dengan peluang pasar; (4) stage 4: crafting the customer interface, terdapat 7 framework untuk membuat sebuah customer interface; (5) stage 5: designing the marketing program, mendesain program pemasaran; (6) stage 6: leveraging customer information through technology, gambaran dari proses untuk memperoleh, mengorganisasikan, menganalisis, dan memberdayakan informasi yang berhubungan dengan konsumen yang dapat mengurangi ketidakpastian; (7) stage 7: evaluating the marketing program, langkah ini mencakup evaluasi dari semua program pemasaran internet. Evaluasi dilakukan berdasarkan tiga kriteria yaitu teknologi, bisnis dan industri. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.
Komentar
Posting Komentar