Langsung ke konten utama

Prosedur Keselamatan Kerja Listrik

Related image

Keselamatan kerja listrik ialah keselamatan kerja yang bertalian dengan alat, bahan, proses, tempat (lingkungan) serta beberapa cara lakukan pekerjaan. Arah dari keselamatan kerja listrik ialah membuat perlindungan tenaga kerja atau orang dalam melakukan tugas-tugas atau terdapatnya tegangan listrik di sekelilingnya, baik berbentuk instalasi atau jaringan.

Pada intinya keselamatan kerja listrik ialah pekerjaan serta keharusan dari, oleh serta untuk tiap orang yang sediakan, layani serta memakai daya listrik. Undang undang no. 1 tahun 1970 ialah undang undang keselamatan kerja, yang di dalamnya sudah ditata pasal-pasal mengenai keselamatan kerja untuk pekerja-pekerja listrik.

Pemicu penting kematian atau kecelakaan serius yang terkait dengan pekerjaan listrik ialah seperti berikut:
  • Memakai peralatan-peralatan tanpa ada pemeliharaan yang baik 
  • Kerja begitu dekat sama kabel listrik bertegangan tinggi 
  • Penggalian kabel bawah tanah bertegangan 
  • Praktik yang tidak aman waktu memakai suplai penting 
  • Memakai peralatan-peralatan yang tidak standard 
Type Kecelakaan Listrik

Karena yang terkena saat satu orang terserang kontak listrik yakni:
  • Electric shock 
  • Electrical burns 
  • Loss of muscle control 
  • Electric Shock 
Tegangan listrik dengan 50 Volt pada suatu peluang, memblok signal ke otak serta otot yang bisa mengakibatkan:
  • Jantung berhenti 
  • Susah bernafas 
Kejang otot
Kejang otot bisa mengakibatkan luka fisik, serta kontraksi pada otot Kamu.

Static Electricity

Tersengat listrik static bisa berlangsung jadi contoh saat kamu akan masuk ke mobil, serta tegangannya dapat sampai 10.000 volts. Akan tetapi arusnya cuma mengalir dalam hitungan detik hingga tidak memunculkan masalah pada orang yang terkontak.

Di tempat kerja dimana ada kekuatan kebakaran serta ledakan, karena itu aksi mencegah harus dikerjakan hingga electric static ini tidak jadi penyebab.

Training K3 jadi bentuk pengetahuan pemakain alat alat kerja.

Mekanisme keselamatan waktu kerja dengan perlengkapan listrik:
  • Cek sepatu safety serta perlengkapan Kamu apa sesuai dengan serta penuhi standard 
  • Pakai equipment bertegangan rendah sebisa mungkin 
  • Bila memakai 230 volt, pakai perlengkapan ELCB 
  • Cek perlengkapan Kamu apa masih valid sticker Portable Appliance Test (PAT)-nya. 
  • Cek power poin, three pin plug dalam kondisi bagus 
  • Cek kabel-kabel dilantai janganlah sampai mengakibatkan tripping hazard. 
Mekanisme keselamatan waktu kerja dengan Electrical Equipment, Mesin-mesin serta Instalasinya:
  • Rencana yang masak : penentuan peralatan-peralatan yang pas sebelum mulai kerja 
  • Ditangani oleh orang yang kompeten 
  • Pakai equipment yang standard serta sesuai dengan 
Demikian beberapa tips keselamatan kerja listrik yang dirangkum oleh Media K3 dari beberapa sumber. Mudah-mudahan berguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Panduan Pilih Sepatu Aman dan Nyaman

Salah satunya sisi dari mode yang perlu ialah sepatu. Walau dipakai di kaki, sepatu memiliki peranan besar dalam mendukung performa. Peribahasa menjelaskan, sepatu yang baik akan bawa kamu ke lokasi yang bagus juga. Bagus dalam makna tidak cuma mode saja, tetapi kenyamanan harus tetap kamu lihat.  jual sepatu safety  bisa menjadi solusi untuk kamu. 1. Mengenali Ukuran Kaki Mengenali ukuran kaki kamu sendiri saat beli sepatu ialah persyaratan khusus dan pertama yang perlu kamu kerjakan. Seharusnya kamu teratur memerhatikan ukuran kaki kamu, sebab seiring waktu berjalan juga bisa ada perombakan pada ukuran kaki kamu. 2. Mengenali Wujud Kaki Mengenali wujud kaki penting. Ini nanti terkait dengan mode sepatu yang akan kamu tentukan. Buat kamu yang mempunyai betis besar tentu saja tidak dianjurkan menggunakan sepatu mode boots yang pas dipakai untuk yang mempunyai betis kecil. 3. Lihat Mode/Wujud Sepatu Jika kamu memutus memakai atau beli sepatu hak tinggi, seharusnya tentukan yang nyaman.

Kuntungan Memakai Aplikasi Kasir Buat Pengusaha

Keuntungan Aplikasi Kasir Tidak terdapat salahnya bila Kamu bergeser ke aplikasi kasir ataupun Point of Sale ini. Sebab khasiat yang hendak didapatkan banyak, semacam: 1. Efisiensi Waktu Bayangkan bila pembeli di toko Kamu telah banyak, serta mereka wajib mengantri panjang di kasir. Lalu di kasir masih memakai perlengkapan Cash Register yang manual itu. Pasti itu hendak menghabiskan waktu serta proses penjualan hendak lebih lama. Teknologi terus menjadi maju, perihal ini pula membuat toko ataupun usaha ritel buat mempraktikkan program kasir buat mempermudah transaksi, dengan terdapatnya jasa pembuatan aplikasi kasir dapat menolong dalam pembuatan program kasir. Tetapi bila telah memakai aplikasi kasir yang notabene saat ini ini lumayan scan barcode, hingga proses di kasir juga hendak lebih kilat. Dari sisi psikologi pembeli juga pula hendak merasa puas sebab mereka dapat dilayani dengan kilat sebab terdapatnya aplikasi kasir yang modern. 2. Multi Payment Saat ini ini style hidup

Memperkuat Value Perusahaan dengan Company Profile

Brand, positioning, serta differentiation ialah dasar dini dalam perancangan company profile. Sebab ketiga perihal tersebut yang berfungsi selaku nilai jual dalam industri. Bagi Kartajaya( 2005), core strategy suatu industri mencakup 3 elemen dasar ini. Awal, merupakan gimana industri sanggup secara pas memposisikan produk, merk, serta industri kita di benak pelanggan. Kedua, gimana metode menopang positioning yang pas ini dengan diferensiasi yang kuat. Serta ketiga, apabila industri telah sanggup memposisikan diri secara pas serta mem- back upnya dengan diferensiasi yang kuat, hingga langkah berikutnya merupakan membangun ekuitas merk secara berkepanjangan( p. 5). Awal± tama produk, merk, serta industri wajib diposisikan dengan jelas di benak pelanggan. Tujuannya merupakan supaya produk, merk, serta industri mempunyai bukti diri yang jelas dibenak pelanggan. Positioning yang didukung oleh diferensiasi yang kuat menciptakan brand integrity yang kokoh. Brand integritiy yang kokoh bisa m